Minggu, 06 Juli 2014

Nama : Tika Rifky Kamil
NIM : 201410060311027
Tujuan Penciptaan Manusia

Manusia adalah makhluk yang sempurna karena dibekali dengan akal. Beberapa dari tujuan diciptakannya manusia adalah sebagai abdullah dan khalifatullah.

Abdullah atau hamba allah wajib beribadah kepada Allah. Hal ini dijelaskan dalam QS. Adz-Dzariyat ayat 56 yang artinya, “Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.”

Beribadah atau mengabdi kepada Allah berarti melakukan segala sesuatu yang diperintahkan dan menjauhi semua yang dilarang dalam kehidupan semata-mata hanya untuk mencari keridlaan Allah.

Beribadah bukan tentang hablum minallah (hubungan vertikal dengan Allah) saja, tetapi juga hablum minannaas (hubungan horizontal dengan manusia). Kita harus menyeimbangkan keduanya. Karena jika terjadi ketimpangan, maka hasilnya tidak akan baik.

Dalam QS. Al-Baqarah ayat 30 Allah berfirman, “Dan ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, “Aku hendak menjadikan khalifah di muka bumi.” Mereka berkata, “Apakah engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah disana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan menyucikan nama-Mu? Dia berfirman, “Sungguh, Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”

Dari semua makhluk Allah, hanya manusia yang memiliki potensi untuk menjadi pemimpin di muka bumi. Hal ini dikarenakan manusia bisa menjadi sangat baik atau sebaliknya. Manusia dibekali dengan akal supaya mereka berpikir. Sedangkan malaikat selalu patuh dan senantiasa bertasbih kepada Allah.

Menjadi khalifah di bumi bukan hanya tentang memimpin sesama manusia, tetapi juga melestarikan alam yang ada dengan pengelolaan yang baik agar dapat digunakan untuk generasi berikutnya. Setiap manusia adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban-Nya. Oleh karena itu, kita harus selalu mengingat bahwa setiap perbuatan yang dilakukan akan dipertanggungjawabkan di hadapan-Nya.

Semua yang diciptakan oleh Allah memiliki tujuan masing-masing seperti halnya penciptaan manusia. Manusia diciptakan untuk senantiasa beribadah kepada Allah dan melestarikan alam yang ditinggalinya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar