Selasa, 08 Juli 2014

P2KK (Program Pembentukan Kepribadian dan Kepemimpinan) UMM


Alhamdulillahi rabbil ‘alamin. Pada tanggal 30 Juni 2014 berakhirlah rangkaian acara P2KK Angkatan 6 Tahun Ajaran 2014/2015. Terima kasih atas pengetahuan-pengetahuan baru yang diberikan keluarga besar UPT P2KK dan teman-teman se-angkatan, khususnya kelas Al-Kindi tercinta.




“P2KK itu apa sih? Dimana dan kapan dilaksanakan? Kenapa harus dilakukan? Semuanya akan saya bahas secara singkat dalam kesempatan kali ini.”

***Tujuan kegiatan P2KK sendiri terdiri atas:
1.Memberikan dasar-dasar keterampilan ibadah dan ke-Islaman.
2.Mengharmonisasikan pola pikir, sikap dan perilaku mahasiswa baru agar sesuai dengan nilai-nilai perguruan tinggi (merubah nilai-nilai school student menjadi university student).
3.Membekali mahasiswa baru dengan keterampilan akademik, kepemimpinan dan pembentukan kepribadian yang sesuai dengan nilai ke-Islaman dan ke-Muhammadiyahan.
4.Mengembangkan keterampilan soft skill mahasiswa sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

P2KK adalah sebuah kegiatan yang dirancang untuk memberikan bekal kepada maba alias ‘mahasiswa baru’ dalam memasuki sebuah lingkungan baru yang dinamakan perguruan tinggi. Kegiatan ini menggunakan pendekatan experiental learning yang memberikan kesempatan kepada peserta untuk memberikan pemaknaan terhadap setiap aktivitas yang dilakukan. Jadi setiap kegiatan memiliki feedback terhadap masing-masing peserta.

Misalnya simulasi diskusi “It’s My Car”, setiap orang dalam beberapa divisi harus beradu argumen untuk mendapatkan mobil edisi terbaru. Mendiskusikan pemecahan masalah, menguraikan kekurangan dan kelebihan mobil keluaran lama dan bernegosiasi untuk mendapatkan kesepakatan terbaik. Disinilah kami dituntut untuk selalu mempertahankan argumen namun tetap melakukan hasil musyawarah dengan senang hati.

Peserta P2KK adalah seluruh mahasiswa baru dan atau mahasiswa yang belum mengikuti P2KK dengan sistem pembagian per-angkatan. Kegiatan P2KK dimulai setiap hari Senin hingga Sabtu di Rusunawa I UMM Tegalgondo, Malang.

Selain mendapat keluarga baru yang solid, tidak seru jika silaturahim terputus begitu saja. Tidak jarang banyak maba yang kece-kece dari berbagai angkatan dan jurusan mengadakan buka bersama di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, begitu pula bersama co-trainer di kelas Al-Kindi ini. Mas Nanang Hidayatulloh dan mbak Wardatul Muniroh. Keduanya baik dan ramah. Alhamdulillah.

Kegiatan P2KK banyak menguras emosi, dari yang awalnya malu-malu sampai jatuh cinta, bercanda, tertawa dan air mata yang jatuh karena perpisahan. Rasa sayang antarteman yang tercipta dalam waktu singkat. Salut deh teman-teman sekalian.

"Pertemuan selalu menjemput perpisahan. Dan perpisahan selalu diganti dengan pertemuan lain. Laa Tahzan."-Kyka's Quote-

Kata maaf saya sampaikan bila ada kekurangan. Terima kasih atas perhatiannya. :) BYE.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar