Rabu, 09 Juli 2014

Kabupaten Pasuruan




Dikenal dengan istilah kota santri, Kabupaten Pasuruan adalah salah satu kabupaten yang ada di provinsi Jawa Timur. Karena disebut kota santri, sudah jelas bahwa di Kabupaten Pasuruan terdapat banyak pondok pesantren dengan ribuan santri dan santriwati. Di Kabupaten Pasuruan terdapat penduduk dari berbagai daerah diantaranya, Jawa, Madura, India dan Arab.

Kabupaten Pasuruan terdiri dari 24 kecamatan, dengan 24 kelurahan beserta 341 desa. Kabupaten Pasuruan merupakan daerah industri utama di Jawa Timur, salah satunya adalah PT. Nestle Indonesia di Kejayan. Beberapa objek wisata andalan di Kabupaten Pasuruan adalah Gunung Bromo, Kebun Raya Purwodadi dan Taman Safari Indonesia.

Acara yang cukup populer di Kabupaten Pasuruan adalah Ski Lot dan Carnival On the River. Ski Lot adalah ski tradisional di Kecamatan Lekok yang diadakan pada tanggal 1 Syawal sampai hari raya ketupat. Ski Lot adalah acara daerah yang masih sering ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

Carnival On the River adalah acara tahunan yang diselenggarakan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober. Kegiatan ini diramaikan oleh siswa siswi SMA Negeri 1 Kejayan. Setiap tahunnya peragaan busana di sungai Complong ini selalu berganti tema namun selalu mengangkat nilai daerah yang ada di seluruh wilayah Indonesia.



Kabupaten Pasuruan memiliki kuliner khas, mulai dari masakan, jajanan hingga oleh-oleh. Mulai dari Nasi Punel Bangil, Ting Ting Jahe, Tahu Petis sampai Bipang Beras. Bipang beras yang diproduksi memiliki berbagai macam rasa, seperti rasa kelapa, strawberry, melon, kopi, dan yang lainnya. Rasanya yang gurih dan harganya yang murah bisa membuat kita addict.

Sekian yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf jika ada kekurangan. Daaaaah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar